kmhd1

Siklus Badai Seroja yang menerpa Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu meninggalkan duka mendalam bagi warga Nusa Tenggara Timur. Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Nusa Tenggara Timur (PD.KMHDI NTT) melakukan aksi penyaluran bantuan tahap 1 kepada korban terdampak bencana badai seroja. Menurut I Putu Gede Suastra Wirawan selaku Ketua PD.KMHDI NTT juga turut menggalang Aksi donasi bencana alam di berbagai jalan Denpasar Bali bersama seluruh elemen organisasi mahasiswa dan Bali Peduli NTT (pray for NTT). Forum Alumni KMHDI NTT pun turut serta di dalam penyaluran bantuan badai Seroja bersama mahasiswa-mahasiswi Hindu NTT. I Ketut Wira Drana Wasistha selaku sekretaris dan Plh. Ketua PD KMHDI NTT menyatakan “kegiatan penyaluran bantuan yang terkumpul melalui rekening PD.KMHDI NTT, kami salurkan ke Naibonat, Kabupaten Kupang karena disana juga merupakan daerah terkena Badai Seroja dan lumayan besar dampaknya, akan tetapi di Naibonat khususnya para pengungsi sudah pulang ke rumah masing-masing untuk memperbaiki rumah mereka serta kebutuhan bantuan di Naibonat itu adalah alat dapur yang minim dimana alat dapur itu seperti wajan, dandang, piring, dan sendok serta pakaian layak pakai karena kebanyakan dari mereka hanya tinggal pakaian di badan saja, Untuk korban jiwa khususnya di Naibonat itu sekitar 18 RT dengan KK sebanyak 800 lebih kepala keluarga yang mempunyai warga lebih dari 2000 jiwa.

kmhd2

 

PD KMHDI NTT Melakukan aksi penyaluran bantuan tahap 1 ini dilaksanakan pada tiga tempat yaitu di Naibonat, Kabupaten Kupang, Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara serta di Kabupaten Malaka.“Tempat berikutnya itu Kabupaten Malaka ibukota Betun daerah pemekaran dari Atambua (daerah perbatasan) khusus di malaka itu kami memberikan bantuan berupa sembako, MCK, dan air mineral. Karena kebutuhan yang urgent seperti demikian, jadi yang kami bawa seperti itu ke lokasi yang kami berikan bantuan tepatnya di malaka tengah, daerah fatuhaik, dusun bolan A. Khusus daerah tersebut yang paling terdampak dimana mereka lebih dekat dengan jalur banjir dari sungai (kali) Benanain ada sekitar 8 dusun lebih yang terdampak di daerah tersebut akan tetapi belum pernah tersentuh bantuan sama sekali dimana mereka sangat kesusahan dan sangat kecewa karena kabanyakan bantuan yang datang itu malah bukan ke daerah terdampak yang parah akan tetapi ke tempat yang ringan, sehingga  kami PD.KMHDI NTT menyalurkan bantuan di posko MBS di daerah tersebut.”. sambung Wira Drana yang juga mahasiswa Psikologi Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang NTT.

kmhd3

 

Badai serta Banjir ini juga menyebabkan banyaknya hewan ternak serta kebun warga yang mati dan rusak sehingga gagal panen. Sumber bantuan yang diperoleh PD.KMHDI NTT merupakan hasil open donasi yang dilakukan serta bantuan dari rekan-rekan KMHDI daerah lain di Indonesia seperti Surabaya, Bali, Sulteng, Kendari dan juga semua donatur yang telah menyumbang. “Kami menyadari bahwa apa yang kami bawa pada saat ini masih kurang untuk keperluan warga yang terdampak, dan besar harapan kami ada bantuan lanjutan baik dari pemerintah maupun seluruh masyarakat guna membangkitkan kembali roda kehidupan masyarakat yang terdampak” tutup Wira Drana yang juga Sekretaris Daerah dari PD KMHDI NTT.  (adm-humas)

sj2
Penyaluran bantuan paket sembako tahap 2 yang terhimpun melalui hindukupang.com disalurkan bersama PHDI kota Kupang dan juga para Relawan Dharma (RaDhar) Puskor Hindunesia, dilakukan 10-11 April 2021, yang menyasar warga yang mengalami kebanjiran serta rumah yang atapnya jebol/rusak diterbangkan angin badai. Pemantauan di lokasi beberapa umat Hindu Kupang huniannya mengalami kerusakan seperti di asrama Teplan TNI AD Kuanino, di Kelapa Lima Kota Kupang, serta di wilayah warga tempekan Brimob.

sj4

Update Data per 13 April 2021 yang terhimpun melalui grup whatsapp hindukupang.com mencapai lebih dari 43 warga umat Hindu terdampak bencana alam, diantaranya banjir dan badai siklon seroja yang melanda kupang dan 22 kabupaten diwilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 3-5 April 2021 yang lalu.
Donasi (Dana Punia) yang terhimpun melalui hindukupang.com ini pun difokuskan untuk paket sembako diantaranya berupa beras, telur, minyak goreng, mie, energen, serta bahan pokok lainnya, guna meringankan beban daripada warga korban bencana alam yang terdampak.
sj14  sj10
sj13

sj11  sj12
Sebagai bentuk kepedulian atas musibah yang dihadapi warga Hindu, para relawan dharma (Radhar) bersama PHDI Kota Kupang, melaksanakan aksi tanggap darurat bencana dengan turun ke lapangan dan menyalurkan bantuan berupa paket sembako, yang dimulai penyaluran bantuan Donasi tahap pertama pada 8 april 2021 (Berita Klik Disini), dan bantuan tahap kedua pada 10-11 April 2021 sesuai dengan data yang masuk dan sudah terhimpun dalam portal informasi keumatan Hindukupang.com .

sjsj3
sj6
sj5sj7

sj15

Beberapa warga Hindu pun ada yang sudah merenovasi atapnya sendiri yang mengalami kerusakan sedang, namun yang alami kerusakan berat masih belum tertangani di beberapa wilayah. Korban jiwa untuk umat Hindu Kupang dan wilayah NTT tidak ada, jenis kerusakan bencana Badai Siklon Seroja yang dihadapi diantaranya, atap rubuh, alami kebanjiran, hingga ada yang rumahnya hancur rata dengan tanah, di beberapa tempat seperti di kabupaten Flores Timur , Kota Kupang dan juga Kabupaten Kupang NTT.

sj16

Penelusuran hindukupang.com bersama tim relawan dharma (RaDhar) melalui Data Sementara dari BPDB NTT, update 14 April 2021 jam 23:00WITA, dampak Bencana Banjir, dan Angin Badai Siklon Seroja wilayah kupang dan kabupaten di NTT ini total meninggal dunia sudah mencapai 181 orang, yang masih hilang 47 orang karena longsor dan banjir, luka-luka 250 orang, pengungsi 11.401jiwa, warga terdampak 417.478 jiwa, rumah rusak berat 18.664 unit, rumah rusak ringan 37.224 unit, fasilitas umum rusak 4.365 , dan titik penampungan mencapai 126 lokasi di berbagai wilayah 22 kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Timur. data klik disini : www.bpbd.nttprov.go.id

sj22
sj23


sj17
sj18

Penyaluran bantuan paket sembako tahap 2 ini, distribusinya dilakukan 10-11 April 2021, dengan menyasar wilayah warga Hindu di kelurahan lasiana, warga hindu di kelurahan kelapa Lima, kelurahan Kuanino Asrama Teplan TNI AD , dan kelurahan pasir Panjang (tempekan Brimob). Pendataan juga masih terus dilakukan, berbagai ungkapan terima kasih pun diucapkan Umat Hindu yang terdampak bencana alam dan apresiasi atas bentuk kepedulian dari PHDI Kota Kupang, para Relawan Dharma (RaDhar), serta para Donatur yang telah berdonasi (dana punia) melalui hindukupang.com , dan juga berbagai pihak yang peduli "pray for NTT" mendoakan NTT agar seger pulih, dalam dukungannya membantu korban bencana badai siklon seroja di NTT.

Update info :
Donasi yang terhimpun di Hindukupang.com, melalui PHDI Kota Kupang,
Rekening Mandiri : 1810001153346
(konfirmasi transfer bisa hubungi admin 081338688158 untuk rekapan dan croscek )
Atau Donasi (Dana Punia) melalui QRIS (Link Aja, Ovo, Danaku) gambar barcode dibawah.

Seroja

Dalam semangat ajaran Hindu "Vasudhaiva Kutumbhakam" yang berarti Semua Mahluk adalah Bersaudara, sehingga saling tolong menolong dan membantu dikala bencana alam, sebagai wujud "Pawongan" hubungan antara manusia dengan manusia yang lainnya. Dalam Hindu, Kitab Suci Sarasamuccaya , sloka 222 disebutkan :
"Deyamartasya caranam sthitacrantasya casanam, trsitasya ca paniyam ksudhitasya ca bhojanam"
bagi yang bersedih hati hiburlah, kepada yang kelelahan sedikanlah tempat istirahat, bagi yang kehausan berikan minuman, kepada yang kelaparan berilah makanan.

semoga pikiran dan dukungan yang baik datang dari segala penjuru.
OM Anobadrah Kratawyu Yantu Visvatah. (Reg Weda I.89.1)

(Guntara)
www.hindukupang.com



sj19
sj20

sj21

 

Seroja1

Kota Kupang dan 22 Kabupaten di berbagai wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengalami dampak Banjir dan Badai Siklon Tropis Seroja, pada tanggal 3-5 April 2021. Curah hujan yang sangat lebat dengan intensitas angin yang cukup tinggi membuat banyak pohon tumbang, atap beterbangan hingga berbagai infrastruktur amblas, seperti jembatan, bendungan dan jalan raya. Tiang listrik dan jaringan komunikasi internet juga tumbang pasca badai siklon seroja melanda NTT sejak 4 April 2021, hingga 11 April 2021 ini pun PLN baru mencapai 38% Listrik yang berfungsi di wilayah kupang.

Seroja21

Seroja3

Seroja4Seroja8

Seroja16

Pendataan pun dilakukan para relawan dharma, dari berbagai daerah, dan tanggal 5-6 April diperoleh beberapa informasi yakni ada umat yang terdampak banjir dan badai siklon seroja selama 3 hari melanda NTT. Data yang terhimpun melalui portal media Hindukupang.com, bersama relawan dharma (RaDhar) Puskor Hindunesia serta PHDI Kota Kupang melakukan singap tanggap darurat bencana alam dengan Penyaluran Paket Sembako Tahap 1 kepada  mahasiswa/i Hindu Kader PD.KMHDI NTT, yang kosnya terdampak banjir, Mahasiswa-Mahasiswi Hindu Kupang NTT terdampak banjir dan Badai Siklon Seroja ini juga ditambah  uang saku dari Alumni KMHDI NTT untuk beli Tahu dan Tempe di kos mereka masing-masing.
Kemudian penyaluran paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, mie, telur, energen, dan berbagai bahan pokok lainnya juga distribusikan kepada umat Hindu terdampak lainnya, yaitu tempekan fontein dan tempekan perumnas, pak Ketut Kantor, dan pak Yudi, dan pak Dewa Wirya, Pak Wayan Sangka (tempekan tarus), dan Pak Gusti Bawa (tempekan Kopeta).

Pengumpulan donasi yang terhimpun melalui Hindu Kupang NTT bersama PHDI Kota Kupang ini , dengan penyaluran paket sembako masih akan dilanjutkan beberapa hari ke depan, dengan data-data yang masuk ke hindukupang.com yang selalu di update.
Seroja2

Peta terdampak Banjir dan Badai Siklon Seroja, di 22 Kabupaten dan Kota Kupang Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, 3-5 April 2021, sumber BNPB, update 7 April 2021 jam 14:00wita.
Total mengungsi lebih dari 13.226jiwa, dan jumlah meninggal mencapai 138orang.

Update info :
Donasi yang terhimpun di Hindukupang.com, melalui PHDI Kota Kupang,
Rekening Mandiri : 1810001153346
(konfirmasi transfer bisa hubungi admin 081338688158 untuk rekapan dan croscek )
Atau Donasi (Dana Punia) melalui QRIS (Link Aja, Ovo, Danaku) gambar barcode dibawah.

Seroja

Lebih dari 2000 rumah terdampak kerusakan, warga di wilayah 22 kabupaten dan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, banyak mengungsi akibat banjir dan badai Siklon Tropis Seroja, 3-5 April 2021 mencapai lebih dari 13.000 jiwa. Puncak angin badai Siklon tropis Seroja ini mulai melanda wilayah Pulau Flores, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Alor, Pulau Timor NTT pada 5 April 2021, jam 01:00wita dini hari sampai jam 05:30wita, dengan intensitas kecepatan mencapai 60 hingga 85km/jam di beberapa titik wilayah NTT.

Banyak rumah atap terbang dan tembok turut jebol, diterpa angin badai, nampak pos polisi hancur ditimpa pepohonan, dan juga puskesmas berlokasi di Pasir panjang kota kupang ditimpa pepohonan serta sekolah dasar (SD) , fasilitas publik jalanan tertutupi batang pohon.
Saat ini beberapa warga , kelurahan , Karang taruna, berbagai daerah sudah mulai membersihkan areal pepohonan yang tumbang menutupi jalan raya.
Presiden RI Bapak Joko Widodo pun tanggal 9 April 2021 telah turun ke lokasi bencana di Flores Timur NTT , dan berbagai kementerian turut serta membantu warga terdampak bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Menteri Sosial, Menteri PUPR, Kepala BNPB , ditemani Gubernur NTT, Panglima TNI, dan Kapolri. 

Semoga semua aman dan dilindungi Tuhan.
www.hindukupang.com
(
Guntara)

#prayforntt, #PresidenRI , #DPRRI, #TNI , #Polri, #DoniMonardo, #BNPB, #menterisosial , #PUPR , #Badaiseroja , #seroja , #siklon , #banjir #kupang , #ntt , #nusatenggaratimur , #bpbdntt , #GubernurNTT , #walikotaKupang , #KarangTarunakupang. #karangtarunantt , #PuskorHindunesia , #Hindukupang , #kotakupang , #kupangkota , #BupatiKupang , #florestimur , #adonara , #malaka , #sabu, #prayforntt , #badai , #siklon , #seroja , #kupang , #kotakupang , #kupangkota , #nusatenggaratimur , #ntt ,

Seroja15Seroja6

Seroja5

 Seroja12

Seroja13Seroja14

Seroja18

 

 

 

DS4Panitia Dharma Santi PHDI NTT 2021 yang dihadiri Umat Hindu Kupang dan Umat Hindu dari berbagai 22 kabupaten wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur Bersama Dirjen Bimas Hindu Pusat Bapak Tri Handoko Seto (video rekaman), Samyoga Puja Bersama Ida Rsi Agung Nanda Kusuma Wijaya Manuaba (Live Aplikasi Zoom), ketua PHDI NTT Bapak Wayan Darmawa, dan Hikmah Nyepi oleh Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat Bapak Kolonel inf (Purn) I Nengah Dana,S.Ag, dalam acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT Tahun Saka 1943, secara virtual dilaksanakan 27 Maret 2021 Jam 17:00-21:00wita. Acara ini dimulai dengan pemutaran film video dari hindukupang.com berkaitan dengan Melasti, tawur kesanga, dan berbagai kegiatan umat Hindu Kupang NTT yang pernah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, dan di masa Pandemi Covid19 Tahun 2021 ini Perayaan sambut Nyepi hanya berlangsung Upacara Melasti di areal Laut Pura Manik Segara Oebananta, serta Tawur Kesanga Ngubeng di Wilayah Pura masing-masing dengan standar Protokol kesehatan.
DS1DS2DS3

Acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT 2021 ini berlangsung dengan penuh sukacita, dan tepat jam 18:00wita Puja Tri Sandya bersama dipimpin Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN NTT) Pinandita Bapak I Made Suparta, dilanjutkan Samyoga Puja bersama Ida Rsi dari Kupang NTT.
Kemudian Pembacaan Kitab Suci RgVeda, oleh Anak-Anak Hindu, Laporan Ketua Panitia Dharma Santi Virtual PHDI NTT oleh Bapak Doktor I Gusti Adwita Arsa,SP,MP.
DS6

Hikmah Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dibawakan oleh Ketua Sabha Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (Phdi) Pusat , Kolonel inf (Purn) Bapak I Nengah Dana,S.Ag Yang hadir bersama seluruh peserta dan disampaikan secara langsung & didengarkan dengan penuh khidmat.

Video Ungkapan Kepala Bank Indonesia (BI) NTT Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja dalam Acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT 27 Maret 2021 secara virtual, penuh semangat Kolaborasi dalam harmoni menuju Indonesia maju. Beliau juga adalah sebagai sekretaris Sabha Walaka PHDI Pusat.
DS5

Rangkaian acara Dharma Santi ini dengan Lantunan Kitab Suci Veda Hindu, lengkap dari berbagai usia umur mulai dari :
Anak-anak, Mahasiswa Hindu (PD.KMHDI NTT), Ibu-Ibu WHDI NTT, WHDI Kota Kupang, WHDI Sumba Barat Daya di dalam acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT 27 Maret 2021 jam 17:00-21:00wita.

Ungkapan dan Harapan dari PHDI Kabupaten dan Kota, diantaranya umat Hindu dari  Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor yang disingkat (Flobamora) juga didengarkan secara langsung oleh Bapak I Nengah Dana,S.Ag (Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat).
DS11DS18

DS10

Tema Dharma Santi Nyepi PHDI NTT 27 Maret 2021 ini yaitu melalui Dharma Santi, Kita Perkuat kebersamaan menuju jalan Dharma. Dilanjutkan Pembacaan Sloka Bhagawad Gita, yakni dari WHDI NTT ibu Dokter Dewa Ayu Dwi Suswati & Ibu Kadek Ary Mayastuti, WHDI Kota Kupang ibu dokter Sinta dan ibu dokter Nanin, ibu-ibu WHDI Sumba Barat Daya, dan mahasiswa Hindu PD.KMHDI NTT Sdr.Putu Indra Pramana, serta acara Dharma Santi Hindu Kupang NTT 2021 ini turut pula disaksikan Komandan LantamaL VII (TNI AL) Bapak Laksamana Pertama I Gusti Kompiang Aribawa, Alumni KMHDI, Para Relawan Dharma (RaDhar) Puskor Hindunesia, warga tempekan Banjar Dharma Agung Kupang, serta umat Hindu PHDI dari berbagai daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.
DS18DS19DS20

Acara hiburan Dharma Santi Nyepi PHDI NTT menampilkan Instrument fingerstyle Gitar dari dokter Abhi (Sahabiseka), alunan lagu Suksma Hyang Widhi oleh Sdri.Putu Elsy, dan berbagai Tarian Sekar Jagad dan Tarian Cendrawasih.

Acara pun diakhiri dengan Foto bersama secara virtual (screenshot) diakhiri dengan Nyanyian Bhagawad Gita, Adhaya II Sloka 7.

Acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT, 27 Maret 2021 selesai Jam 21:00wita, ini dengan Penutupan (closing statement) dari Bapak I Nengah Dana, Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat.
DS22
DS21
DS23
DS13
DS14
DS15
DS16
DS17
DS12

Peserta >88 orang, turut hadir Pembimas Hindu NTT, Ida Bhawati, Jero Gede Dwija, Para pemangku, Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, kepala sekolah TK dan SD Hindu Saraswati, Pasraman Upanisada, Yayasan Upanisada, PHDI dari 22 kabupaten dan kota Kupang, semuanya ikut menyaksikan berbagai rangkaian acara Dharma Santi Nyepi PHDI NTT secara virtual 27 Maret 2021, pembagian Bantuan sosial (umat Hindu yang kurang mampu) kepada perwakilan Phdi Sumba barat daya, dan PHDI Kota Kupang, serta berbagai acara menarik lainnya, pembacaan Lantunan Kitab Suci Hindu RegVeda, Puja Tri Sandhya & Samyoga Puja bersama umat Hindu di NTT serta dihadiri juga oleh Komandan LantamaL VII Laksamana Pertama Bapak I Gusti Kompiang Aribawa.

Damai selalu menyertai seluruh alam semesta beserta segala isinya selalu hidup berbahagia.

Terima Kasih kepada Master of Ceremony (MC) Ibu Putu Widiani & Bapak Doktor Gusti Budiana, serta seluruh Panitia Dharma Santi Nyepi PHDI NTT secara virtual online zoom, Satyam Eva Jayate , Jaya.
Semoga bermanfaat karena berbagi kebaikan takkan pernah merugi dan selalu beruntung. (Guntara)

www.hindukupang.com

#dharmasanti , #dharmasantinyepi , #dharmasanti2021 , #dharmasantiphdintt , #hindukupang , #hinduntt , #phdi , #puskorhindunesia , #whdi , #kmhdi , #forumalumnikmhdi , #fakmhdi , #kmhdintt , #pdkmhdintt , #bimashindu , #menteriagama , #pembimashinduntt , #sabhawalakaphdi , #dirjenbimashindu , #bankindonesia , #BINTT , #bankindonesiantt , #tahunbarusaka1943 , #nyepi2021 , #hindunusantara , #silentday , #kupang , #phdintt , #GubernurNTT , #walikotakupang

DS29DS28
DS27DS26

DS8

DS30

DS20

ds2021 final

Umat Hindu Kupang dan Umat Hindu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merayakan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 (14 Maret 2021) dengan telah melaksanakan Catur Brata Nyepi secara baik dan lancar di masa Pandemi pada 14 maret lalu, dan pada tanggal 27 Maret 2021 , Jam 17:00WITA, akan dilaksanakan Perayaan Dharma Santi secara Virtual melalui aplikasi Zoom dan live streaming di channel Youtube yang akan diikuti oleh seluruh umat Hindu NTT dari berbagai PHDI 22 Kabupaten dan Kota Kupang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berbagai Acara Dharma Santi Nyepi 2021 secara virtual Online Hindu Kupang NTT ini akan diisi dengan Video Sambutan dari Dirjen Bimas Hindu RI Bapak Tri Handoko Seto, dan juga Kehadiran Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat Bapak I Nengah Dana, serta berbagai harapan perwakilan Umat Hindu dari PHDI di Pulau Flores, Umat Hindu PHDI di Pulau Sumba, Umat Hindu PHDI di Pulau Timor, umat Hindu PHDI di Pulau Alor (Flobamora), dan Juga Berbagai Acara tarian, Musik dan Nyanyian Kerohanian dari Umat Hindu Kupang NTT.

Untuk Pendaftaran Peserta Dharma Santi Nyepi Umat Hindu kuota 500 orang melalui aplikasi zoom
di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa daftar disini : bit.ly/fromds2021
Zoom Meeting ID : 83536510986
Passcode : 27032021

selain aplikasi zoom bisa juga Saksikan siaran langsung Live streaming melalui Channel Youtube : https://www.youtube.com/user/Satyam3sept

Panitia Dharma Santi Nyepi 2021 ini sesuai dengan Surat Keputusan
Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI NTT) Nomor : 12/PHDI-NTT/III/2021
DS2021a
DS2021b
DS2021c

Acara ini terselenggara berkat kerjasama PHDI NTT berserta semua Organisasi Hindu yang ada dan Parisada hindu Dharma Indonesia (PHDI) dari berbagai 22 Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pembimas Hindu NTT, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Kupang dan WHDI NTT, Banjar Dharma Agung Kupang, PD.KMHDI NTT, RSIA Dedari, serta dukungan seluruh Umat Hindu Kupang dan NTT yang telah berdonasi (dana punia) demi suksesnya Dharma Santi Nyepi 2021 secara virtual online ini.

Sesuai Tema Nyepi 2021 secara Nasional dan Provinsi NTT : Semoga Kolaborasi dalam harmoni menuju NTT Sehat, NTT Sejahtera dan Indonesia Maju dapat memperkuat Kebersamaan menuju jalan Dharma.
DS5
DS6

OM Lokha Samesta Sukhino Bhavantu.
Semoga seluruh alam semesta beserta segala isinya selalu hidup berbahagia. (Kgun)

Background Untuk Aplikasi Zoom Acara Dharma Santi Nyepi 2021 Umat Hindu Kupang NTT (Gambar dibawah ini)

zoomDS4