sadhanacamp
Adi Widya Pasraman , Sekolah Dasar (SD) Hindu Saraswati mempersembahkan Sadhana Camp secara online yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris PHDI kota Kupang Bapak Dr. I Gusti Made Ngurah Budiana,S.Si.,M.Si, suatu terobosan terkini Yayasan Upanisada yang menaungi pendidikan Hindu di masa pandemi Covid19 dengan melaksanakan pasraman kilat selama 2 hari.
Suasana Sadhana Camp1 Siswa-siswi SD Saraswati Hindu Kupang NTT, 27 Juni 2020, di aplikasi zoom, 10:00wita ini dengan pemateri diantaranya Puisi Hindu (dr.sahadewa), Yoga Surya Namaskar (Sdr.Indra) dan mantra Pemujaan kepada Dewa Surya (Matahari). Total peserta 43 orang Yang terdiri dari siswa-siswi Hindu bahkan dari SD lainnya Juga ada yang ikut Sadhana Camp1 ini.
 
sadhanacamp1b sadhanacamp1esadhanacamp1c
 
sadhanacamp1h
 
sadhanacamp1a
sadhanacamp1sadhanacamp1fsadhanacamp1g
 
Acara pun dilanjutkan keesokan harinya, Suasana Sadhana Camp1 pada hari kedua ini Siswa-siswi SD Saraswati Hindu Kupang NTT, 28 Juni 2020, di aplikasi zoom, 10:00wita, dengan pemateri Sarana Upacara Hindu pembuatan Canang sari (ibu  Gusti Ayu Made Yuliani), Kisah Hindu Bilingual tentang Matsya Awatara Dewa Wisnu (Ibu Kadek Ary Mayastuti) dan Pembacaan Sloka Bhagavad Gita (Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja) dengan mantra penyucian Diri (Pawitra Mantra).

sadhanacamp2i
 
sadhanacamp2j
sadhanacamp2k
sadhanacamp2l
sadhanacamp2h
sadhanacamp2f
 
Dilanjutkan istirahat jam 12:00 dengan Puja Tri Sandhya Bersama secara online bersama seluruh siswa-siswi Hindu. Dengan total peserta 33 orang di hari kedua ini yang terdiri dari siswa-siswi Hindu Saraswati dan juga dari SD lainnya pun ada yang ikut Sadhana Camp1 secara online di aplikasi zoom. Menurut sdr. Putu Gede Suastra Wirawan ketua PD. KMHDI NTT dan teamnya Ni kadek Srikandi selaku host mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun generasi sumber daya manusia (SDM) Hindu sejak sedini mungkin , dan ketua Yayasan Upanisada Bapak Anak Agung Gede Sayang Mega Putra mengatakan di masa musim liburan anak sekolah perlu diisi dengan kegiatan bermanfaat memperkuat Sradha siswa-siswi Hindu seperti biasanya pada masa dulu dilakukan Pasraman Kilat, Widya Bhakti, hingga kini Sadhana Camp Online. Ibu Ni Nyoman Suparwati sebagai Kepala Sekolah Adi Widya Pasraman Saraswati (SD Hindu) Kupang menyampaikan tujuan kegiatan ini demi memperkuat siswa - siswi Hindu dimanapun berada , yang ada di kota Kupang karena di masa Pandemi Corona ini maka dilakukan secara online melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini pun banyak memiliki berbagai banyak hadiah dari para donatur, hadiah buku puisi dari dr.sahadewa, dan juga dari Koperasi Mahalaksmi umat Hindu kepada para siswa - siswi Hindu Kupang yg mengikuti Sadhana Camp1 sampai selesai.
 
Semoga bermanfaat karena berbagi kebaikan takkan pernah merugi dan selalu beruntung. (kgun)
 
 
sadhanacamp2bsadhanacamp2asadhanacamp2d
sadhanacamp2c
sadhanacamp2g
sadhanacamp2e

hindu ntt peduli covidWabah Pandemi Virus Corona (covid19) di 22 kabupaten dan Kota wilayah  Provinsi Nusa Tenggara Timur update per 31 mei 2020 jam 20:00 WITA, memiliki jumlah kasus positif Covid19 sebanyak 97 kasus, sebanyak 82 masih dirawat, sembuh 14, meninggal 1 kasus. Oleh karena masih tingginya penyebaran covid-19 , Aksi Sosial Tim Umat Hindu NTT Peduli Covid-19 tahap 3 dilaksanakan pada 31 Mei 2020, jam 10:00WITA di wantilan Pura Oebananta Kota Kupang NTT, yang dihadiri oleh : Banjar Dharma Agung Kupang, Ketua-ketua tempekan, Yayasan Upanisada, Perwakilan TK dan SD Hindu Saraswati. Kegiatan ini dilakukan atas arahan dari Ketua PHDI Provinsi NTT  agar donasi diarahkan juga untuk semeton yang ada di kota dan kabupaten  atas saran pembina tim Hindu covid sekaligus ketua WHDI NTT ibu dr.Ayu Suswati untuk penyiapan barang donasi yang akan diberikan kepada semeton umat Hindu dan juga untuk anak-anak sekolah TK dan SD Hindu Saraswati , sekolah hindu di kota kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, terima kasih yang tak terhingga diucapkan kepada donasi masker untuk anak sekolah TK dan SD Hindu Saraswati dari penjahit Purnama, donasi susu dari KMHDI pusat diwakili oleh PD.KMHDI NTT, sumbangan WHDI Provinsi NTT, PHDI kota kupang, WHDI Kota Kupang ,  www.hindukupang.com, juga bapak/ibu semeton umat hindu sedharma di Kota Kupang dan kabupaten kupang serta berbagai Kabupaten di wilayah NTT yang telah turut berdonasi dalam aksi sosial Hindu NTT Peduli Covid-19.
 
Donasi juga diberikan kepada saudara-saudari (semeton) umat Hindu di kota dan kabupaten Kupang dan juga antara lain :
1. Masker  100 pcs untuk semeton kabupaten Bajawa
2. Masker 100 pcs untuk semeton kabupaten Timor Tengah Utara
3. Masker 100 pcs untuk semeton kabupaten Ende
4. Masker 400 pcs untuk semeton kota kupang
5. Masker kepada Yayasan Upanisada untuk anak sekolah TK dan SD Hindu Saraswati,  : 170 pcs
6. Susu bagi anak usia 1-3 thn dan 3-7 thn : 144 dos

Ketua Panitia Tim Hindu Kupang Ibu Ni Nyoman Yuliani, S.Si, S.Farm,Apt,M.Si menyampaikan sumbangan ini merupakan bentuk kepedulian umat Hindu bagi saudara-saudari (semeton) yang ada di kota dan kabupaten kupang juga bagi anak-anak sekolah TK dan SD Hindu Saraswati Kupang sebagai generasi penerus bangsa, guna untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan meningkatkan sistem imun anak-anak melalui pemberian susu serta pencegahan memakai masker kain.

Kegiatan aksi sosial Hindu NTT peduli Covid19 tahap 3 ini , juga dirangkai dengan pembagian 50 paket sembako bantuan Bank Mandiri , BAPEKHIN Cabang kupang yang diserahkan melalui Bapak I Wayan Sumartika Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, dilanjutkan 100 Paket Sembako dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bank Indonesia NTT kepada Ketua Panitia Nyepi 2020 yang diserahkan Bapak I Gede Aryabawa kepada umat yang memerlukan bantuan sembako di tempekan.
Selain itu PD.KMHDI NTT melalui ....

Read more: Aksi Sosial Hindu NTT Peduli melawan Covid19

covid19ce
AKSI SOSIAL TIM HINDU NTT PEDULI COVID19 TAHAP 2.

Virus Corona (COVID19) sudah menyebar di seluruh 34 Provinsi di Negara Indonesia dengan total mencapai 16.496 kasus positif pada 15 mei 2020. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari Kepulauan dengan wilayah 22 kabupaten & Kota ini memiliki jumlah kasus (update data 15 Mei 2020) : OTG 757 kasus, ODP 1.707 kasus, PDP 68 Kasus, Covid19 Positif 47 Kasus, Sembuh 2 Kasus, Meninggal 1 kasus. Guna mendukung Pemerintah Provinsi NTT dalam pencegahan pandemi virus Corona, serta Sebagai bentuk kepedulian umat Hindu sebagai warga Bangsa Indonesia maka dibentuklah Surat Keputusan Parisada (PHDI NTT) per tanggal 14 April 2020, mengenai "Tim Hindu NTT Peduli Covid19" yang terdiri dari berbagai Organisasi Hindu yang ada di Kupang dan NTT (SK PHDI NTT Klik Disini). Kegiatan Tim Hindu NTT Peduli Covid19 Tahap Pertama pun telah dilaksanakan pada 28-29 April 2020 yang menyasar Pasar-Pasar di wilayah Kupang NTT dan Beberapa Kantor Kelurahan yang ada di Kota Kupang NTT.

Tahap kedua Tim Hindu NTT Oeduli Covid19 ini lebih fokus pemberian bantuan kepada masyarakat desa di Pulau Semau Kabupaten Kupang, Kabupaten Rote (melalui BPBD NTT), serta penyaluran langsung bantuan kepada 6 Rumah Sakit yang ada di Kota Kupang NTT.
Di dalam Ajaran Agama Hindu Kitab Suci Sarasamuscaya sloka 166 tentang kesusilaan : Mereka yang suka memberi pengetahuan kepada orang tak tahu, menghibur orang yang sedang dirundung duka dan kesedihan, melindungi orang yang ketakutan dan terancam, suka membantu kesusahan orang-orang miskin; mereka yang seperti ini akan dimuliakan dalam hidup dan matinya.
Sarasamuscaya Sloka 363 tentang KARMA disebutkan : Ada beberapa perbuatan baik yang dipastikan akan mengantar manusia kelak memasuki alam surga, diantaranya dengan tulus menyumbangkan sarana dan prasarana yang mendukung ketersediaan : pangan, kemasyarakatan, sistem transportasi, pengairan dan irigasi,  kepemerintahan dan kepemimpinan yang adil.

covid19a

covid19b

Pada Tanggal 16 Mei 2020, jam 09:00WITA, Kegiatan tahap kedua Tim umat Hindu NTT Peduli Covid-19 dilakukan karena begitu banyak perhatian dan kepedulian umat hindu untuk membantu sesama , baik donasi yang berasal dari umat hindu kota Kupang maupun dari berbagai kabupaten wilayah NTT serta atas arahan juga advis dari ketua PHDI Provinsi NTT Bapak Dr.Ir.Wayan Darmawa, MT agar donasi diarahkan ke kabupaten antara lain kabupaten Kupang (pulau semau) , kabupaten Rote kupang juga ke rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan pasien covid-19, serta juga atas saran pembina tim Hindu covid19 sekaligus ketua WHDI provinsi NTT ibu dr.Dewa Ayu Suswati untuk penyiapan ......

Read more: AKSI SOSIAL TIM HINDU NTT PEDULI COVID19

phdi covid19a1

Wabah Pandemi Virus Corona (COVID19) melanda hampir seluruh 34 Provinsi di Negara Indonesia. Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari Kepulauan dengan wilayah 22 kabupaten & Kota ini memiliki jumlah kasus (update data 28 April 2020) : OTG 351 kasus, ODP 1.609 kasus, PDP 57 Kasus, Positif 1 Kasus, Sembuh 1 Kasus. Guna mendukung Pemerintah Provinsi NTT dalam pencegahan pandemi virus Corona, serta Sebagai bentuk kepedulian umat Hindu sebagai warga Bangsa Indonesia maka dibentuklah Surat Keputusan Parisada (PHDI NTT) per tanggal 14 April 2020, mengenai "Tim Hindu NTT Peduli Covid19" yang terdiri dari berbagai Organisasi Hindu yang ada di Kupang dan NTT.

covid19a1

Kegiatan umat Hindu Peduli covid-19 dilakukan karena umat hindu merupakan salah satu komponen bangsa indonesia yang digagas oleh :  ketua PHDI NTT Dr.Ir. I Wayan Darmawa,MT,  bersama ketua WHDI Prov NTT dr. Ayu Suswati, PHDI Kota Kupang, WHDI kota Kupang dan PD.KMHDI NTT serta PERADAH Kota Kupang, PERADAH NTT yaitu mahasiswa dan pemuda hindu serta PUSKOR HINDUNESIA turut berpartisipasi untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19  dengan  target dan sasaran penjual  yang ada di lokasi 5 pasar yg ada di kota kupang antara  lain : pasar oeba, oebobo, oesapa, inpres , kuanino,  melalui donasi berupa :

  1. masker 1000 unit
  2. tempat cuci tangan 5 unit
  3. besi alas tempat cuci tangan 5 unit
  4. sabun anti microba 5 botol
  5. tisue 5 box
  6. handsanitizer  100 botol
  7. vitamin 500 tablet
  8. leaflet edukasi masyarakat 100  pax

kegiatan aksi sosial ini dimulai jam 09:00WITA, berlangsung selama 2 hari yaitu selasa 28 april 2020 di pasar oebobo, oeba dan oesapa dan pada hari rabu 29 april 2020 di pasar inpres dan kuanino serta pemberian sprayer /alat penyemprot desinfektan sebanyak 4 unit kepada 5 kantor kelurahan serta bantuan kepada Gugus Tugas Pemerintah Provinsi NTT di Kantor Dinas Kesehatan NTT yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan NTT didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT.
tim hindunntt peduli covid19b

covid19a2

Tujuan kegiatan umat hindu peduli covid-19 ini adalah :

Read more: Hindu NTT Peduli COVID19

masker1e

2 April 2020 hindukupang.com bekerja sama dengan Penjahit Purnama (Alumni KMHDI NTT) melakukan pembuatan produksi jahitan masker kain (reusable/bisa dicuci dan digunakan kembali) serta distribusi penyaluran >400 masker kain guna melaksanakan tindakan Preventif (pencegahan) dan Promotif (penyuluhan) sebagai garda terdepan melawan Virus Corona Covid19.
Penyaluran masker kain ini diberikan kepada Pemangku/Pinandita Hindu, tenaga kesehatan (nakes), serta jurnalis wartawan , agar selalu terlindungi sehingga garda pertahanan berikutnya yakni di Pelayanan Kesehatan fungsi Kuratif (pengobatan) dan Rehabilitatif (pemulihan) tidak kepenuhan dan bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Menurut Rary Triguntara,SKM pencetus kegiatan dimaksud bertujuan sebagai Sumber Daya Manusia Hindu di kupang NTT, kita wajib untuk teruslah berkarya nyata dan berkarma dalam pelayanan baik kepada sesama, masyarakat dalam melakukan tugas Dharma Agama dan Dharma Negara. Pemakaian masker wajib digunakan oleh siapapun di dalam masa wabah Pandemi virus Corona (COVID19) ini, serta selalu ikuti anjuran Pemerintah dalam : Jaga Jarak , Social Distancing & Physical Distancing, Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir, Jaga imunitas kesehatan tubuh dengan nutrisi seimbang , multivitamin, dan berbagai himbauan lainnya dari Pemerintah.
Sebaiknya dengan masyarakat dihimbau berada dirumah saja sejak akhir maret 2020 hingga kini, maka Pemerintah pun diharapkan bisa segera produksi kembali ransum makanan bergizi tinggi, seperti TB1, TB2, biskuit, support Gizi Kesehatan Masyarakat, sebagai persiapan hadapi pandemi bencana nasional untuk masyarakat Indonesia, serta penyediaan sumber pangan alternatif seperti Jagung rebus, ubi rebus, dengan berbagai sumber pangan lainnya yang praktis dan efisien.

kmhdi ntt covid19
Selain itu Semangat Puskor Hindunesia, alumni  KMHDI.NTT juga mendonasikan pembagian masker kain 5lusin donasi umat melalui hindukupang.com ketempat ketua PD.KMHDI NTT, I Putu Gede Suastra Wirawan untuk aksi para mahasiswa-mahasiswi Hindu NTT dalam semangat di hari Kartini pada 21 Maret 2020 jam 08:00 di perempatan patung kirab kota Kupang NTT yang juga didampingi dari anggota Polres Kupang Kota.

Penggagas kegiatan tersebut menurut Putu Suastra selaku Ketua Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (PD.KMHDI NTT) bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona dengan pembagian gratis sebanyak >160 masker kain kepada masyarakat kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan fokus utama yakni kepada para pengendara kendaraan bermotor, ojek online, dan juga para pedagang agar selalu juga ingat : pakai masker, jaga jarak, jaga imunitas tubuh dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kegiatan pun diakhiri dengan mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan anggota Polres Kupang Kota yang telah turut membantu lancarnya kegiatan ini.
Semoga bermanfaat karena berbagi kebaikan takkan pernah merugi dan selalu beruntung.

Satyam Eva Jayate Jaya

Berita : 

Viktory News 23 April 2020 : 
VN-23april2020

Pos Kupang 24 April 2020 : https://kupang.tribunnews.com/2020/04/24/peduli-penanggulangan-covid-19-di-ntt-mahasiswa-hindu-bagi-masker-gratis

poskupang-24april2020

Timor Express 25 April 2020 : https://timexkupang.com/2020/04/25/peringati-hari-kartini-di-tengah-pandemi-covid-19-kmhdi-ntt-bagi-masker-gratis/?fbclid=IwAR1pyveUuMjUS5rlgpW5NfXuwfyeOSBLclC1x-ydswiE2CKXYt1zk3tW_uM

timex25april2020